Sabtu, 14 Oktober 2017

Pura Kawitan Arya Kubon Tubuh dan Dalem Tugu

Setiap umat Hindu di Bali pasti memiliki Pura Kawitannya masing - masing dan kebetulan keluarga kami yang akarnya berasal dari Sidemen, Karangasem (yang kemudian menetap di Melaya, Negara) memiliki Pura Kawitan di Sira Arya Kubon Tubuh, Pasek Gelgel, Klungkung dan Pura Dalem Tugu.


Bulan June 2017 kemarin, kami dan keluarga Nangkil ke Pura Kawitan ini, namun sebelumnya kami mampir dulu ke Lebu, Sidemen, ke Sanggah Gede kami. Biasanya kami dan keluarga selalu Tangkil ke Pura ini setahun sekali, menurut Piodalan di Pura Kawitan ini.


Orang tua berangkat dari Melaya, Negara dan kami sudah siap - siap menunggu di rumah di rantauan, Tabanan. Kira - kira pukul 7.30 pagi kami berangkat ke Lebu, Sidemen, kemudian melanjutkan persembahyangan ke Pura Kawitan Sira Arya Kubon Tubuh dan Dalem Tugu. Panas dan sesaknya semeton bukannlah halangan, meski kami ajak 2 balita.


Suasana sakral dan tradisionalnya kerasa banget. Kekeluargaan dan menyama braya sangat juga terasa disini. Karena biasanya semeton sangat membludak di hari - hari Odalan seperti ini. Kami harus antri, menunggu persembahyangan selesai dan menunggu giliran untuk kami sembahyang bersama.


Setelah persembahyangan selesai, biasanya kami berhenti di pinggir jalan, gelar tikar dan makan bersama bareng keluarga. Saking lapar dan dahaganya, sudah tak peduli lagi apa menunya, pokoknya 'HAP'. Bahagia dan senang sekali bisa berkumpul bareng keluarga seperti ini. Tak sabar menunggu tahun depan untuk kembali Touring bersama keluarga kecil kami.

Semoga artikel ini bisa membantu dan jika ada salah perkataan, titiang nunas ampura pang banget. Salam rahayu buat nyame - nyame se Dharma, maupun saudara - saudara non Hindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar